PERANAN TAYANGAN MY TRIP MY ADVENTURE TERHADAP PERILAKU PELESTARIAN ALAM DI KALANGAN REMAJA (STUDI PADA TAYANGAN DI TRANS TV DAN REMAJA DI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISPOL UNSRAT TAHUN AJARAN 2014/2015)

Authors

  • Mela Rizky Setiawan

Abstract

Peranan Tayangan My Trip My Adventure Terhadap Perilaku Mencintai Alam di kalangan Remaja (Studi pada tayangan TRANS TV dan remaja do JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISPOL UNSRAT TAHUN AJARAN 2014/2015). Pada penelitian ini menggunakan tero S-O-R (Stimulus Organisme Respons) dan teori Uses Gratification. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek yang ditimbulkan dan minat seseorang terhadap kebutuhan media televise.
Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif, yaitu menggunakan perhitungan, analisis data dengan pendekatan deduktif untuk hubungan antara teori dan penelitian dengan menempatkan pengujuan teori. Terdapat dua variabel dalam judul penelitian ini, variabel X yaitu peranan tayangan My trip My Adventure terhadap variabel terikat Y yaitu perilaku pelestarian alam. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear sederhana dengan hasil Y’ = 2.286 + 0.485X Jika Konstan sebesar 2.286 menyatakan bahwa jika variabel X (Tayangan My Trip My Adventure) di anggap kosntan atau sama dengan nol (0) maka Variabel Y (Perilaku pelestarian alam) adalah sebesar 2,286. Hasil Koefisien korelasi sebesar 0,479 menujukan korelasi anatara variabel X terhadap variabel Y dalam kategori sedang. Untuk koefisisien determinasi mendapat nilai R2 = 0,230. Pada perhitungan tersebut menunjukan variabel Y mendapat pengaruh dari variabel X sebesar 23%, sedangkan sisanya (100% - 23% = 77%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain.
Hal uji t menunjukan nilai thitung > ttabel atau 4.439 > 1.996 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Jadi menonton tayangan My Trip My Adventure di TRANS TV berpengaruh signifikan terhadap perilaku pelestarian alam.

Downloads

How to Cite

Setiawan, M. R. (2016). PERANAN TAYANGAN MY TRIP MY ADVENTURE TERHADAP PERILAKU PELESTARIAN ALAM DI KALANGAN REMAJA (STUDI PADA TAYANGAN DI TRANS TV DAN REMAJA DI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISPOL UNSRAT TAHUN AJARAN 2014/2015). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12778

Issue

Section

Articles