PERSEPSI TAYANGAN SINETRON ANAK JALANAN DI RCTI OLEH MASYARAKAT DI LINGKUNGAN 11 KELURAHAN MALALAYANG KEC. MALALAYANG KOTA MANADO

Authors

  • Emillio E. Mandagi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana persepsi tayangan sinetron anak jalanan di RCTI oleh Masyarakat di Lingkungan 11 Kelurahan Malalayang Kec. Malalayang Kota Manado. Permasalahan awal pada tayangan televisi khususnya sinetron “anak jalanan†yang saat ini begitu digandrungi oleh sebagian masyarakat Indonesia saat ini, dan juga masyarakat di Kota Manado dan sekitarnya. tayangan tersebut sepertinya sudah tidak lagi memberikan manfaat positif pada masyarakat. dimana sering kali menonjolkan adegan-adegan perkelahian antar genk motor, kemudian juga selalu menyodorkan adegan-adegan dengan karakter sifat yang angkuh, licik, serta jahat. Hal ini tentunya bisa membawa efek perubahan perilaku masyarakat yang buruk juga, karena faktor kebiasaan menonton tayangan tersebut.

Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif untuk mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat, serta tata cara dalam masyarakat dan situasi tertentu termasuk hubungan, kegiatan, sikap, pandangann serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh dari suatu fenomena termasuk tayangan sinetron anak jalanan tersebut.

Hasil penelitian mendapatkan bahwa : secara umum tayangan sinetron anak jalanan sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan tayangan tersebut memiliki beberapa unsur penting yang menjadi pusat perhatian masyarakat, yaitu Artis, karakter peran pemain sinetron dan juga nama besar stasiun TV RCTI, serta jam tayang masih belum larut malam.

Tayangan sinetron anak jalanan RCTI, masih belum banyak memberikan manfaat secara positif bagi perkembangan masyarakat, karena masih kurang menonjolkan unsur pendidikan, kemudian selalu menonjolkan perilaku yang buruk atau jahat, serta juga selalu menonjolkan adegan perkelahian antar gank motor, sehingga lebih banyak menunjukkan unsur kekerasan dalam tayangan tersebut.

Tayangan sinetron anak jalanan memfokuskan pada unsur hiburan untuk masyarakat dan penonton dan juga ada sedikit unsur religius yang dapat dilihat pada tayangan tersebut.

Kata kunci : Persepsi, Sinetron, Anak Jalanan.

Downloads

How to Cite

Mandagi, E. E. (2016). PERSEPSI TAYANGAN SINETRON ANAK JALANAN DI RCTI OLEH MASYARAKAT DI LINGKUNGAN 11 KELURAHAN MALALAYANG KEC. MALALAYANG KOTA MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/13543

Issue

Section

Articles