HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM RASKIN DENGAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA MAMAHAN KECAMATAN GEMEH KABUPATEN KEPUALAUAN TALAUD

Authors

  • Heri Risal Bungkaes
  • J H Posumah
  • Burhanuddin Kiyai

Abstract

Penelitian yang menyoroti masalah kemiskinan masyarakat desa Mamahan merupakan salah satu tugas akhir (Skripsi) untuk memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat Manado ini didahului dengan pengamatan awal yang hasilnya menunjukkan bahwa pengelolaan program RASKIN terindikasi belum efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Mamahan Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kondisi pengelolaan program RASKIN dan tingkat kesejahteraan masyarakat di Desa Mamahan; dan (2) Menganalisis apakah tingkat kesejahteraan masyarakat turut ditentukan oleh efektivitas pengelolaan program RASKIN di desa yang sama.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif/ Data dikumpulkan melalui teknik kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden dari unsur aparat desa dan pengelola Raskin, serta 30 orang lainnya dari unsur masyarakat penerima manfaat program Raskin. Data dianalisis dengan menerapkan teknik analisis persentase (analisis tabel frekuensi), analisis Chi-Square (kai-kwadrat).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Efektivitas pengelolaan program Beras untuk keluarga miskin (Raskin) belum secara optimal dicapai, sementara tingkat kesejahteraan masyarakat, khususnya RTM sebagai penerima manfaat program Raskin masih berada pada kategori â€sedang†atau menengah. Terdapat perbedaan tingkat kesejahteraan RTM antara sebelum dan sesudah pelaksanaan program Raskin, di mana tingkat kesejahteraan RTM penerima manfaat program Raskin jauh lebih baik/tinggi dibanding tingkat kesejahteraan RTM sebelum memperoleh manfaat dari program Raskin, khususnya di Desa Mamahan.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah bahawa bahwa terdapat hubungan yang positif dan nyata antara efektivitas pengelolaan program Raskin dengan tingkat kesejahteraan masyarakat di Desa Mamahan Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud. Disarankan agar program ini terus dilaksanakan secara kontinu/berkelanjutan dengan terus-menerus memperbaiki manajemen pendistribusiannya sehingga dapat menjangkau seluruh RTM yang ada dititik distribusi (desa).

Kata Kunci : Efektivitas, Raskin, Kesejahteraan ,asyarakat.

Downloads

Published

2013-04-25

How to Cite

Bungkaes, H. R., Posumah, J. H., & Kiyai, B. (2013). HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM RASKIN DENGAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA MAMAHAN KECAMATAN GEMEH KABUPATEN KEPUALAUAN TALAUD. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/1380

Issue

Section

Articles