IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KETAHANAN PANGAN DI KECAMATAN GEMEH KABUPATEN TALAUD

Authors

  • Samsudin Mata
  • J Mandey
  • J J Rares

Abstract

Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan Kecamatan yang sering mengalami masalah yang berkaitan dengan ketahanan pangan seperti kelangkaan pangan, gagal panen (peningkatan produktifitas dan pendapatan). Kesenjangan ketahanan pangan dalam peningkatan produksi tanaman pangan salah satu determinasinya adalah persoalan implementasi kebijakan yang belum optimal.

Penelitian ini menggunakan model teori Tambunan (2001), yang memiliki tiga persoalan dalam mewujudkan ketahanan pangan, yakni rendahnya akses terhadap input pertanian, minimnya akses terhadap dana atau modal dan banyaknya masalah pada pemasaran ouput.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan ketahanan pangan di Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud belum optimal sehingga masih terdapat kesenjangan yang besar antara produksi dengan potensi tanaman pangan lokal.

Key words : Implementasi kebijakan, ketahanan pangan, produktivitas, pendapatan masyarakat.

Downloads

Published

2013-04-25

How to Cite

Mata, S., Mandey, J., & Rares, J. J. (2013). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KETAHANAN PANGAN DI KECAMATAN GEMEH KABUPATEN TALAUD. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/1381

Issue

Section

Articles