PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR HONDA MEREK CBR 150cc PADA PT. DAYA ADICIPTA WISESA KEC. KALAWAT MAUMBI KAB. MINAHASA UTARA

Authors

  • Yakob Wandikbo
  • T Tumbel
  • L F Tamengkel

Abstract

Promosi dilakukan perusahaan dengan tujuan memberikan informasi, mempengaruhi, membujuk serta mendorong konsumen agar mau melakukan pembelian terhadap barang atau jasa yang dipasarkan. Dengan adanya promosi, perusahaan berharap dapat meningkatkan penjualan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Untuk itu diperlukan adanya suatu strategi pemasaran yaitu dengan menerapkan bauran promosi yang tepat agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

Pada dasarnya promosi ditujukan untuk memperkenalkan produk baru, juga untuk mempertahankan suatu produk yang sedang dipasarkan yang pada akhirnya sasaran promosi itu untuk memperbesar penjualan. Jadi promosi berarti mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.dengan pendekatan korelasi dan regresi. Korelasi adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Sedangkan analisis regresi sederhana adalah untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap variabel Y.

Keseluruhan dari variabel utama dalam penelitian ini diukur dengan model skala likert. Skala ini menggunakan ukuran ordinal, ukuran ordinal adalah angka yang diberikan dimana angka-angka tersebut menggunakan pengertian tingkatan. Ukuran ini tidak mengandung nilai absolute terhadap objek, tetapi hanya memberikan ukuran ranking jawaban dari responden yang diberi skor tertentu.

Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 45 responden dan dianalisis dengan dua metode yaitu metode korelasi dan regresi sederhana.

Analisis yang pertama adalah menggunakan metode korelasi. Berdasarkan hasil perhitungan maka diperoleh r = 0,742 atau dengan kata lain Korelasi yang Kuat Positif antara Bauran Promosi (X) dan Penjualan (Y) di PT. Daya Adicipta Wisesa Kec. Kalawat Maumbi Kab. Minahasa Utara dimana bauran promosi sangat diberperan penting dalam peningkatan penjualan sepeda Motor Honda merek CBR tersebut.

Metode yang kedua adalah regresi sederhana dimana bila kemudian bauran promosi dinaikkan sebesar 1 unit maka penjualan akan menjadi 3,5. Atau dengan kata lain variabel independen dan dependen memiliki hubungan baik ketika nilai variabel independen dinaikkan atau diturunkan.

Key words : Promosi, Bauran Promosi, Peningkatan Penjualan.

Downloads

How to Cite

Wandikbo, Y., Tumbel, T., & Tamengkel, L. F. (2013). PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR HONDA MEREK CBR 150cc PADA PT. DAYA ADICIPTA WISESA KEC. KALAWAT MAUMBI KAB. MINAHASA UTARA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/1382

Issue

Section

Articles