PEMANFAATAN JASA LAYANAN SIRKULASI UPT PERPUSTAKAAN OLEH MAHASISWA UNSRAT

Authors

  • Holly Bororing

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan jasa layanan sirkulasi UPT Perpustakaan oleh mahasiswa Unsrat. Pekerjaan layanan sirkulasi ini termasuk bidang yang memerlukan kecermatan dalam pelaksanaan proses keluar masuk bahan pustaka.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, mendapatkan hasil penelitian bahwa ternyata semua mahasiswa Universitas Sam Ratulangi hanya kadang-kadang memanfaatkan jasa layanan sirkulasi UPT Perpustakaan. Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi pada umumnya kurang tertarik untuk memanfaatkan jasa layanan sirkulasi UPT Perpustakaan disebabkan oleh berbagai hal yaitu kurang literature yang relevan dan tidak ada koleksi terbitan terbaru atau termutahir, katalog sebagai sarana temu kembali tidak dapat digunakan dan sulit menemukan buku dalam rak. Pada umumnya mahasiswa Universitas Sam Ratulangi merasa kurang puas terhadap jasa layanan sirkulasi UPT Perpustakaan. Mahasiswa berkunjung pada bagian jasa layanan sirkulasi pada umumnya bertujuan untuk meminjam buku dan sekaligus mengembalikan buku yang dipinjam.
Koleksi UPTPerpustakaan sebagian besar tidak relevan dengan kebutuhan mahasiswa disamping itu tidak ada koleksi terbitan terbaru atau termutahir. Katalog UPT Perpustakaan Unsrat sudah beberapa tahun tidak berfungsi, disamping itu susunan koleksi banyak yang tidak tersusun sesuai urutan nomor panggil akibatnya mahasiswa menemui kesulitan menemukan kembali koleksi atau literatur yang dibutuhkan. Pada umumnya mahasiswa beranggapan bahwa ketersediaan katalog sebagai sarana temu kembali informasi di perpustakaan sangat penting. Staf atau pustakawan pada bagian jasa layanan sirkulasi UPT perpustakaan kurang memadai jumlahnya.
Kata Kunci : Pemanfaatan, Jasa, Sirkulasi, Perpustakaan.

Downloads

How to Cite

Bororing, H. (2016). PEMANFAATAN JASA LAYANAN SIRKULASI UPT PERPUSTAKAAN OLEH MAHASISWA UNSRAT. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(5). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/14278

Issue

Section

Articles