PERAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENGATASI PERILAKU MEROKOK PADA ANAK USIA REMAJA (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Kampung Makassar Timur Kota Ternate)

Authors

  • Wartawati Ammang
  • Mariam Sondakh
  • Edmon Royan Kalesaran

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah saat ini, banyak sekali anak-anak remaja yang sudah mulai memiliki kebiasaan merokok, dan hal itu merupakan tantangan bagi para masyarakat, termasuk pemerintah dan orang tua untuk mengatasi kebiasaan merokok pada anak remaja tersebut, agar supaya mereka tidak terjerumus ke kegiatan yang negatif, termasuk merokok pada usia remaja tersebut. Tujuan penelitian ini adalah berkaitan dengan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi keluarga dalam mengatasi perilaku merokok pada anak usia remaja yang berada pada masyarakat kelurahan kampung makassar Kota Ternate. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pola-pola komunikasi keluarga (Orientasi Percakapan (conversation) dan Orientasi Kepenurutan (conformity). Pendekatan penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif. dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui qiusioner yang dijalankan kepada 38 responden penelitian. Hasil penelitian mendapatkan bahwa ; (1) Peran komunikasi keluarga dalam mengatasi perilaku merokok pada anak usia remaja di Kelurahan Kampung Makasar Timur Kota Ternate, belum terlalu optimal. (2) Bentuk komunikasi yang dilakukan dalam upaya mengatasi perilaku merokok masih lebih banyak pada komunikasi secara terbuka, antara lain pad situasi banyak orang, atau pada saat berkumpul bersama, dimana penekanan pesannya belum terlalu kuat,kemudian belum banyak dilakukan komunikasi secara tertutup antara orang tua dan anak tersebut, atau komunikasi orang tua secara khusus antara mereka berdua untuk melarang anak agar tidak merokok. (3) Intensitas komunikasi yang dilakukan masih terlalu rendah, berkaitan dengan upaya mengatasi perilaku merokok pada anak usia remaja, dimana sering kali hanya dilakukan paling banyak 1 minggu dalam sekali, itu pun apabila teringat, atau mendapatkan laporan anaknya lagi merokok. (4) Pesan komunikasi yang disampaikan berkaitan dengan upaya mengatasi perilaku merokok pada anak usia remaja, masih selalu berkaitan dengan dengan beberapa unsur penting yaitu agama, pendidikan, pergaulan dan kesehatan.

Kata Kunci : Komunikasi, orang tua, Merokok,

Downloads

How to Cite

Ammang, W., Sondakh, M., & Kalesaran, E. R. (2017). PERAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENGATASI PERILAKU MEROKOK PADA ANAK USIA REMAJA (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Kampung Makassar Timur Kota Ternate). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/15496

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>