PEMANFAATAN INTERNET DAN PERKEMBANGAN IDENTITAS DIRI PELAJAR DI SMA NEGERI I KAWANGKOAN KABUPATEN MINAHASA

Authors

  • Johnny Semuel Kalangi
  • Edmond R. Kalesaran

Abstract

Pelaksanaan penelitian dengan judul, Pemanfaatan Internet dan Perkembangan Indentitas Diri Pelajar Di SMA Negeri I Kawangkoan Kabupaten Minahasa, dilatar belakangi oleh meningkatnya pengguna internet dan perkembangan era media sosial seperti facebook, twitter, youtube, kaskus, my space dan media sosial lainnya yang semakin marak digunakan sebagai media interaksi dan mampu menghubungkan setiap orang di seluruh penjuru dunia.
Berbagai bentuk fasilitas teknologi internet, seperti beragam situs jejaring sosial, weblog, personal homepage memungkinkan individu untuk mempresentasikan atau menggambarkan diri dengan sebaik – baiknya. Tidak hanya berkaitan dengan identitas, berbagai aplikasi internet memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi kreativitas dan menghasilkan karya – karya hasil rebuilding dari karya – karya yang sudah ada. Bahkan lebih daripada itu, internet bisa menciptakan relasi interpersonal dan sosial, diskusi kelompok / forum serta ruang untuk pemasaran, penjualan dan pelayanan pelanggan.
Selain dampak positif dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, terdapat pula dampak negatif. Selain pola komunikasi yang berubah, media ini juga dapat digunakan untuk memanipulasi orang lain, menyampaikan pesan – pesan ataupun konten komunikasi yang mengandung kekerasan, pelecehan, fitnah, berita bohong (Hoax) dan penipuan (Cyber Crime).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan internet dan perkembangan identitas diri pelajar di SMA Negeri I Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan identitas diri pelajar yang meliputi : 1) Penghindaran pembuatan keputusan (avoidance decision making), 2) Refleksi diri (self reflection), 3) Pembentukan identitas (identitas formation), 4) Kekuatan ego (ego strength).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan memanfaatkan informan penelitian (18 pelajar) sebagai sumber data dan peneliti sebagai instrument penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview mendalam dan studi dokumentasi. Adapun analisis data dengan cara : reduksi data, penyajian data dan trianggulasi data.
Hasil penelitian adalah pemanfaatan internet oleh pelajar di SMA Negeri 1 Kawangkoan, kecenderungan sebagian besar memengaruhi perkembangan identitas diri pelajar kearah negatif yang meliputi : 1) Penghindaran pembuatan keputusan (avoidance decision making), 2) Refleksi diri (self reflection), 3) Pembentukan identitas (identitas formation), 4) Kekuatan ego (ego strength).
Kata kunci : Internet, Teknologi informasi dan Identitas diri pelajar.

Downloads

Published

2018-03-23

How to Cite

Kalangi, J. S., & Kalesaran, E. R. (2018). PEMANFAATAN INTERNET DAN PERKEMBANGAN IDENTITAS DIRI PELAJAR DI SMA NEGERI I KAWANGKOAN KABUPATEN MINAHASA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19013

Issue

Section

Articles