PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SMA KATOLIK FRATER DONBOSCO MANADO

Authors

  • Adolfina jamlean
  • Nolly S Londa
  • Fientje Watak

Abstract

Membaca merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang  bersifat aktif. Selain itu, membaca juga merupakan suatu hal yang penting dalam dunia ilmu pengetahuan, sebab membaca merupakan salah satu cara  bagi individu dalam menemukan pengetahuannya. Mengingat pentingnya membaca maka perlu adanya bimbingan dari pihak sekolah  dalam hal ini SMA Katolik Frater Don Bosco Manado untuk menggalakkan minat baca. Untuk menumbuh kembangkan minat baca di lingkungan sekolah, maka di butuhkan suatu perpustakaan yang ada di lingkungan sekolah sebagai pendukung terciptanya minat baca siswa. Sehingga peran perpustakaan sekolah dapat menjalankan fungsinya sebagai mana mestinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif.

Hasil penelitian membuktikan : (1). bahwa masih kurangnya peran perpustakaan dalam membangkitkan minat baca siswa. (2).harus ada peran aktif dari para guru untuk memumbuhkan minat baca siswa. (3).Hasil penelitian membuktikan bahwa ruangan, fasilitas perpustakaan, serta kenyamanandalam ruang perpustakaan sangat menentukan siswa untuk datang berkunjung di perpustakaan. (4).Koleksi  perpustakaan di perpustakaan SMA Katolik Frater Don Bosco Manado masih kurang sehingga siswa terbatas dalam hal peminjaman buku bahkan koleksi yang lain. (5). Kurangnya tenaga perpustakaan bahkan belum adanya pustakawan untuk mengelolah perpustakaan (hanya ada satu pengawai dan bukan pustakawan).

Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah; Minat Baca

Downloads

How to Cite

jamlean, A., Londa, N. S., & Watak, F. (2018). PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SMA KATOLIK FRATER DONBOSCO MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19255

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>