STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS MELALUI MEDIA ONLINE SHOP DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENJUALAN DIKALANGAN MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI FISIP UNSRAT MANADO

Authors

  • Novita Brenda Mamahani
  • Norma N. Mewengkang
  • Meiske Rembang

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana komunikasi bisnis yang dilakukan melalui media online facebook dalam meningkatkan keberhasilan penjualan dikalangan mahasiswa Fisip Unsrat kemudian juga Hambatan yang ditemukan dalam proses komunikasi bisnis melalui media online facebook dalam meningkatka keberhasilan penjualan dikalangan mahasiswa Fisip Unsrat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memanfaatkan 4 (empat) informan penelitian sebagai sumber data utama, hasil penelitian ini mendapatkan bahwa : (1) Strategi komunikasi bisnis melalui media online facebook dalam meningkatkan keberhasilan penjualan dikalangan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi Fisip Unsrat Manado sudah cukup baik dengan memperhatikan beberapa faktor yang penting dalam berbinsis online yaitu kualitas gambar dan juga selalu menjaga kepercayaan pelanggan atau calon pembeli. (2)Kebanyakan alasan mahasiswa menggeluti bisnis online dikarenakan biaya cukup murah, tidak memerlukan tenaga yang banyak, pendukung bisnis online hanya smartphone, jaringan data, aplikasi media sosial dan kuota data provider. (3) Kebanyakan pelaku bisnis online kalangan mahasiswa menggunakan aplikasi facebook dalam menjual dan mempromosikan barang dagangnya, dengan alasan facebook sudah sangat dikenal dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat umum dan juga mahasiswa. (4) Kualitas photo yang asli tanpa rekayasa, harus sama dengan kualitas barang yang aslinya, agar supaya tingkat kepercayaan masyarakat dan mahasiswa sebagai pelanggan/konsumen tetap terjaga dalam bisnis online tersebut. (5)Unsur konsep isi pesan yang jelas serta unsur kepercayaan dengan memberikan testimoni serta pelayanan komunikasi yang optimal, yang jujur dan terbuka merupakan strategi utama yang dilakukan oleh para pebisnis online mahasiswa jurusan ilmu komunikasi fispol Unsrat. (6)Hambatan utama dalam bisnis online yang ditemukan dalam penelitian ini adalah masalah koneksi internet sering kali lambat dan juga masalah penipuan merupakan masalah yang sering ditemui dalam menjalankan bisnis online melalui facebook tersebut.

Kata kunci : Strategi Komunikasi, Media online, Facebook

Downloads

How to Cite

Mamahani, N. B., Mewengkang, N. N., & Rembang, M. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS MELALUI MEDIA ONLINE SHOP DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PENJUALAN DIKALANGAN MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI FISIP UNSRAT MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19257

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>