PENGARUH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SURAT KABAR MANADO POST TERHADAP KEPUTUSAN MEMBACA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SAM RATULANGI

Authors

  • Arham .
  • Ferry V.I.A Koagouw
  • Reiner Onsu

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan pengaruh Desain Komunikasi Visual surat kabar Manado Post terhadap keputusan membaca mahasiswa ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi. Terdapatbeberapakomponen-komponen visual seperti tipografi, ilustrasi dan fotografi serta komposisi halaman dantataletakpadahalamansuratkabar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA. Yang menjelaskan adanya pentahapan dalam berkomunikasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode analisis korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan sampel 50 mahasiswa.

Hasil penelitian menemukan bahwa (Ha) diterima yaitu Desain Komunikasi Visual surat kabar Manado Post berpengaruh besar terhadap keputusan membaca mahasiswa. Kemudian hasil koefisien korelasi sebesar 0,604 yang menandakan hubungan antara Desain Komunikasi Visual surat kabar dengan keputusan membaca di interpretasikan “kuatâ€. Sementara Koefisien Determinan (R2) didapatkan 0,364 yang artinya Pengaruh Desain Komunikasi Visual surat kabar Manado Post terhadap keputusan membaca mahasiswa sebesar 36,4%.

Kata Kunci : Desain, Komunikasi Visual, Surat  Kabar, Membaca.

Downloads

Published

2018-05-15

How to Cite

., A., Koagouw, F. V., & Onsu, R. (2018). PENGARUH DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SURAT KABAR MANADO POST TERHADAP KEPUTUSAN MEMBACA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SAM RATULANGI. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19562

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>