TEKNIK WAWANCARA DALAM MENGGALI INFORMASI PADA PROGRAM TALK SHOW MATA NAJWA EPISODE TIGA TRANS 7

Authors

  • Heni Widiastuti
  • Ferry V.I.A Koagouw
  • Johnny S. Kalangi

Abstract

Penelitian ini berhubungan dengan Teknik Wawancara Dalam Menggali Informasi Pada Program Talk Show Mata Najwa Episode Tiga Trans 7. Meliputi Bahasa verbal, Bahasa nonverbal dan gaya Bahasa.

Teori ini menggunakan teori verbal, nonverbal dan gaya Bahasa yang menjelaskan mengenai hubungan berkomunikasi.

Metode ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian ini Najwa Shihab menggunakan teknik wawancara yang bersifat koersif, berisi pertanyaan-pertanyaan yang menekan, mendorong narasumber agar mau menjawab pertanyaan yang sesuai dengan keinginan atau arahan Najwa, dan mengkondisikan narasumber pada posisi tidak bisa menolak atau menghindar dari pertanyaan yang diajukan oleh Najwa.

Bahasa verbal yang digunakan Najwa dalam menggali informasi dengan cara mewawancari narasumber, meliputi kata dan kalimat. Dari sekian banyak pilihan kata, Najwa memilih satu kata yang mengandung sebuah makna tertentu yang bisa diartikan dalam situasi tertentu. Sedangkan untuk kalimat, Najwa seringkali menggunakan kausalitas dimana menggunakan prinsip sebab akibat tentang adanya latar belakang sebuah ilmu.

Bahasa nonverbal yang digunakan Najwa Shihab untuk memperkuat pesan yang disampaikan berupa menopang dagu, menyondongkan badan, dan menggerakkan tangan. Bahasa nonverbal tersebut juga muncul berulangkali dalam setiap proses wawancara. Hal ini sekaligus menjadi ciri khas Najwa Shihab dalam mewawancarai narasumber yang tidak dimiliki oleh interviewer atau pewawancara lainnya.

Kata kunci: teknik wawancara, bahasa verbal, bahasa nonverbal, teknik televisi.

Downloads

Published

2018-05-15

How to Cite

Widiastuti, H., Koagouw, F. V., & Kalangi, J. S. (2018). TEKNIK WAWANCARA DALAM MENGGALI INFORMASI PADA PROGRAM TALK SHOW MATA NAJWA EPISODE TIGA TRANS 7. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/19564

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>