STRATEGI PROMOSI PT. RADIO SUARA MITRA 92,8 FM RATAHAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MEMASANG IKLAN
Abstract
Radio Suara Mitra Merupakan Radio Satu-satunya Di Minahasa Tenggara Peneliti mendapati Melalui tahap observasi awal radio suara mitra ratahan masih kurang peminat un-tuk memasang Iklan pada radio tersebut. Permasalahan ini tentunya sangat berkaitan dengan kajian ilmu komunikasi yaitu lebih tepatnya adalah permasalahan promosi dalam memperke-nalkan radio tersebut kepada pengguna jasa radio, untuk dijadikan, sebagai media konsumen pengiklanan. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Promosi Da-lam Meningkatkan Minat Masyarakat Untuk memasang Iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui metode kualitatif. Metode kualitatif digunakan peneliti untuk menggali secara mendalam alasan-alasan yang berkaitan dengan permasalahan bagaimana strategi promosi dalam meningkatkan Minat Masyarakat Untuk memasang iklan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT (strengths, Weaknesses, oppor-tunities, threats). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pentingnya sebuah promosi me-lalui iklan radio, iklan baris di Koran serta brosur, dan pamflet, poster. Serta kelebihan dan keunggulan radio menjadi bentuk komunikasi yang digunakan untuk menarik perhatian masyarakat kelemahan dari radio suara mitra tidak sampaikan oleh radio karena akan ber-pengaruh terhadap pada kurangnya minat masyarakat serta jangkauan yang sangat luas men-jadi peluang atau kesempatan radio suara mitra ratahan. Untuk ancaman sendiri radio sudah mengantisipasi hal tersebut dengan memberikan pelayanan serta harga yang bisa di negosiasi bersama. Hambatan meningkatkan minat masyarakat untuk memasang iklan di radio adalah lebih kepada permasalahan dan juga belum adanya bagian sesuai latar belakang manajemen khusus yang menangani pemasaran iklan.
Kata kunci : Strategi, Promosi, Minat, Iklan, dan Radio