Evaluasi Strategi TVRI SULUT Sebagai Media Pemberitaan Dalam Meningkatkan Animo Masyarakat Kelurahan Pandu
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan evaluasi strategi TVRI SULUT sebagai media pemberitaan dalam meningkatkan animo masyarakat Kelurahan Pandu. Dimana strategi yang telah diterapkan diharapkan mampu meningkatkan animo masyarakat untuk menonton tayangan berita di siaran TVRI SULUT. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan Pedoman Wawancara sebagai alat pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Snowball Sampling dengan informan berjumlah 5 orang yang merupakan masyarakat Kelurahan Pandu. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi yang diterapkan oleh TVRI SULUT sebagai media pemberitaan sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan hal tersebut menjadi kekuatan dan nilai lebih bagi TVRI SULUT, Sementara ada beberapa penerapan strategi yang belum maksimal dan harus di evaluasi dan diperbaiki, TVRI SULUT juga memiliki beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan, namun TVRI SULUT juga memiliki beberapa ancaman yang harus ditanggulangi.
Kata Kunci : Evaluasi Strategi, Pemberitaan, Animo Masyarakat.