MANFAAT KODE ETIK STAF PERPUSTAKAAN DALAM MELAYANI PENGUNJUNG DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA TIDORE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui manfaat kode etik staf perpustakaan dalam melayani pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tidore. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dengan 10 informan yang menjadi narasumber dalam penelitian ini. Hasil penelitian dan pembahasan menyatakan bahwa staf perpustakaan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tidore belum sesuai dengan kode etik, karena dalam proses pelayanan staf/pegawai perpustakaan belum menerapkan kode etik sebagai pedoman dalam menjalankan tugasnya, dikarenakan staf/pegawai perpustakaan dalam melayani belum bersikap baik atau belum berperilaku baik seperti tata karma, sopan, perhatian, memberikan arahan dan dan kurang memberikan sapaan kepada pengunjung yang datang ke perpustakaan tersebut, sehingga pengunjung yang datang merasa belum memuaskan atas pelayanan yang diberikan oleh staf/pegawai perpustakaan. Maka dari itu peneliti mengangkat judul ini agar staf/pegawai perpustakaan dapat menjadikan kode etik sebagai pedoman dalam menjalakan tugas sehari-hari, manfaat dari kode etik ini supaya staf/pegawai dapat mempraktikkannya agar ketika dalam melayani pengungjung dapat berperilaku sesuai dengan kode etik yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tidore.Kata kunci : Kode Etik, Perpustakaan
Downloads
Published
2018-10-11
How to Cite
Djafar, H., Warouw, D. M. D., & Lesnussa, R. (2018). MANFAAT KODE ETIK STAF PERPUSTAKAAN DALAM MELAYANI PENGUNJUNG DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA TIDORE. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 7(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/20970
Issue
Section
Articles