PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI PT. TIRTA INVESTAMA DANONE “AQUA” MANADO

Authors

  • Novia Celcilya Christanti
  • Desie M. D. Warouw
  • Edmon Kalesaran

Abstract

PT Tirta Investama Danone “AQUA†cabang Manado adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang produksi air mineral, yang tentunya dalam menjalankan operasionalnya memerlukan karyawan yang berkualitas dan harus memiliki kinerja yang sangat baik. Namun dalam hal tersebut tetap saja mendapatkan permasalahan yang sangat berkaitan dengan menurunnya kinerja pegawai pada perusahaan tersebut. Kurang jelasnya informasi yang didapatkan oleh karyawan, sering kali menjadi penyebab timbulnya ketidak harmonisan dalam menjalankan operasionalnya. Bermacam latar belakang pendidikan, adanya spesialisasi kerja, banyaknya variasi level kerja yang harus dikerjakan karyawan, juga dapat menciptakan kesalah pahaman di antara para karyawan. Padahal informasi atau pesan yang di diperoleh merupakan pesan yang sama. Adanya bentuk peraturan kerja dan standar operasional kerja dalam perusahaan terkadang memiliki arti yang berbeda di setiap karyawan. Adapun juga tingkat stress yang dialami oleh para karyawan juga sangat mempenggaruhi kinerja karyawan.
Dari latar belakang diatas, penulis tertarik dan ingin mengadakan penelitian dan membahas peranan public relations dalam meningkatkan kinerja karyawan. Maka itu sangat penting untuk mengetahui hubungan manusia agar perusahaan memiliki perhatian terhadap karyawannya, dan juga perusahaan perlu membangun hubungan manusiawi diantara sesama karyawan dan pimpinan.
Elton Mayo dibantu Fritz Roethlisberger melakukan studi yang dikenal dengan studi Howthorne (the Howthorme Studies), atau sering disebut Efek Howthorne (The Howthorne Effect) yang menyatakan dua kesimpulan dari hasil penelitian tersebut,yaitu: 1). Perhatian terhadap orang-orang boleh jadi mengubah sikap dan perilaku mereka. 2). Moral dan produktivitas dapat meningkat apabila para pegawai mempunyai kesempatan untuk berinteraksi satu sama lainnya (dalam Pace & Faules, 2006: 60).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yaitu mencari atau meneliti hubungan antara variable-variabel. Penelitian deskriptif mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat, serta tata cara dalam masyarakat dan situasi tertentu termasuk hubungan, kegiatan, sikap, pandangan serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh dari suatu fenomena. Tujuan penelitian dekriptif adalah untuk membuat dekripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat serta fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki
Peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif. data yang ada yang ditemukan dengan cara menjalankan quisioner. Kemudian melalui tahapan olah data dengan menggunakan tabel frekuensi dan prosentase kemudian dideskripsikan dalam bentuk kalimat, dan untuk hasil wawancara digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian yang diperoleh dengan kuisioner dan angket.
Dimana keterkaitan hubungan manusia dengan peranan public relations dalam meningkatkan kinerja karyawan Di PT. Tirta Investama Danone adalah sangat jelas apabila perusahaan memiliki perhatian terhadap karyawannya, dan juga perusahaan perlu membangun hubungan manusiawi diantara sesama karyawan dengan selalu berupaya menumbuhkan rasa kebersamaan melalui banyak kegiatan, misalnya liburan bersama, pemberian fasilitas, pemberian penghargaan dan banyak hal lain yang bisa dilakukan oleh perusahaan, melalui kegiatan public relations demi menumbuhkan rasa kebersamaan tersebut sehingga dapat membantu kinerja karyawan dalam perusahaan tersebut menjadi lebih baik. Intinya hubungan antara perusahaan, manajemen dengan karyawan harus diciptakan sebaik mungkin untuk kepentingan peningkatan kinerja karyawan tersebut.
Kata Kunci: Peranan, Public Relations, Kinerja Karyawan

Downloads

How to Cite

Christanti, N. C., Warouw, D. M. D., & Kalesaran, E. (2015). PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI PT. TIRTA INVESTAMA DANONE “AQUA” MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7571

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>