PERAN HUMAS DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM BANK SULUTGO DIGITAL PADA NASABAH BANK SULUTGO KANTOR PUSAT MANADO
Abstract
Saat ini hampir setiap bank menawarkan layanan perbankan digital.Bank SulutGo melakukan gebrakan dalam usaha meningkatkan fasilitas dan pelayanan bagi nasabah.Bank SulutGo meluncurkan produk BSG digital, dengan berbagai fitur yang memudahkan nasabah melakukan transaksi.Namun tak mudah bagi Humas Bank SulutGo, untuk menyosialisasi produk digitalnya.Dikarenakan belum semua nasabah mengetahui tentang program digitalnya, pasalnya untuk menjawab kebutuhan nasabah yang belum paham tentang teknologi, diperlukan kiat khusus. Antara lain dengan menambah frekuensi sosialisai dan edukasi. Juga ada hambatan yang dihadapi. Yakni berupa ketersediaan jaringan telekomunikasi hingga perlindungan terhadap nasabah.Terutama berkaitan dengan sistem informasi dan keamanan perbankan.Dan terpenting tidak mengganggu saat transaksi berproses. Maka dari di itu Humas bank SulutGo berupaya melalukan sosialisasi melalui media massa yang ada sebagai salah satu bentuk komunikasi untukmemaksimalkan sosialisasi program digital tersebut.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, metode ini pada dasarnya merupakan prosedur-prosedur penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data-data deskriptif berupa tulisan, ucapan, maupun perilaku-perilaku yang diamati. Teori Difusi Inovasi sebagai proses dimana suatu inovasi dikomunikasikan melalui saluran tertentu dalam jangka waktu tertentu diantara para anggota suatu sistem sosial. Dari hasil penelitian,Humas melakukan sosialisasi dan edukasi sesuai program yang ada baik sosialisasi secara internal maupun eksternal dan lewat penyebaran informasi dengan melakukan kerjasama melalui media dan juga bekerjasama dengan pihak divisi yang ada.Hambatan dalam menyosialisasikan produk BSG digital adalah kurang pemahaman nasabah dalam menggunakan produk BSG digital.Kata kunci: Humas, Menyosialisasikan Program Digital, Nasabah.
Downloads
Published
2019-07-04
How to Cite
Leonardo, B. A., Kawengian, D., & Londa, J. (2019). PERAN HUMAS DALAM MENYOSIALISASIKAN PROGRAM BANK SULUTGO DIGITAL PADA NASABAH BANK SULUTGO KANTOR PUSAT MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/23339
Issue
Section
Articles