STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. PEGADAIAN (PERSERO) DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DI KANTOR CABANG MANADO SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bentuk periklanan yang dilakukan oleh Pegadaian Cabang Manado Selatan untuk produk Tabungan Emas. Pegadaian selama ini dikenal sebagai tempat untuk mengadaikan barang emas, oleh karena itu masyarakat masih kurang mengetahui produk tabungan emas. konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari Don Schulter (1980) yaitu Model Komunikasi Pemasaran Terpadu yaitu Periklanan, Promosi Penjualan dan Humas/Publisitas. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif. Informan dalam penelitian ini yakni 3 orang, 1 orang dari Pegadaian Cabang Manado Selatan yang menjabat sebagai pengelola UPC sekaligus koordinat pemasaran di Pegadaian Cabang Manado Selatan dan 2 orang sebagai konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran yang dijalankan oleh Pegadaian Manado selatan adalah hasil perencanaan dan pelaksanaan yang direncakan oleh manajemen atas yaitu Pegadaian Pusat maupun Pegadaian Wilayah Manado. Pegadaian cabang manado selatan hanya sebatas melanjutkan kembali segala aktivitas pemasaran dari Pegadaian pusat maupun pegadaian wilayah manado. Dan secara umum dapat disimpulkan, bahwa Segala program periklanan, promosi penjualan, dan humas/publisitas direncanakan oleh manajemen dan Pegadaian Cabang Manado Selatan berhasil dalam menarik minat masyarakat pada produk Tabungan Emas.Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran dan Tabungan Emas,
Downloads
Published
2019-11-12
How to Cite
Bau, A. R. C., Mingkid, E., & Marentek, E. A. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. PEGADAIAN (PERSERO) DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DI KANTOR CABANG MANADO SELATAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/26312
Issue
Section
Articles