PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KEBIJAKAN BAGASI BERBAYAR MASKAPAI LION AIR (STUDI DI KELURAHAN WINENET DUA KECAMATAN AERTEMBAGA)

Authors

  • Cindy Pangestika
  • Johnny J. Senduk
  • Anita Runtuwene

Abstract

Penelitian dengan judul persepsi masyarakat tentang kebijakan bagasi berbayar maskapai Lion air menggunakan metode penelitian kualitatif memanfaatkan informan sebagai sumber data penelitian dengan landasan teori Persepsi. Hasil penelitian adalah : seseorang menyampaikan persepsinya melalui pengalaman dan pengetahuan. Persepsi yang mereka sampaikan tentang kebijakan bagasi berbayar yaitu berdasarkan pengalaman bahwa masyarakat kurang tertarik dengan pelayanan yang diberikan maskapai seperti kelayakan pesawat dan disiplin waktu. Berdasarkan pengetahuan masyarakat mereka menyampaikan bahwa kebijakan tersebut sungguh memberatkan penumpang, khusunya penumpang dengan kelas ekonomi proletar atau masyarakat menengah. Mereka pun membandingkan harga dan pelayanan dengan maskapai lain yang bisa membuat citra maskapai Lion air menurun. Adapun kesimpulan yang ditarik dari penelitian ini yaitu : (1) Pengalaman informan mengarah kepada persepsi negatif karena mereka mangalami pengalaman yang tidak spesial (2) Persepsi ini juga mengarah kepada persepsi negatif, karena informan menolak atau menentang terhadap obyek yang dipersepsikan. Tujuan penelitian ini untuk memberikan manfaat akademik bagi ilmu komunikasi khususnya di bidang humas, dan memberikan manfaat praktis untuk maskapai Lion air agar bisa memikirkan ulang tentang kebijakannya.

Kata Kunci : Persepsi dan Masyarakat

Downloads

Published

2020-07-17

How to Cite

Pangestika, C., Senduk, J. J., & Runtuwene, A. (2020). PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KEBIJAKAN BAGASI BERBAYAR MASKAPAI LION AIR (STUDI DI KELURAHAN WINENET DUA KECAMATAN AERTEMBAGA). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/29420

Most read articles by the same author(s)

> >>