PERAN MASYARAKAT DALAM MEMPROMOSIKAN DETINASI WISATA PULAU MAITARA KOTA TIDORE KEPULAUAN

Authors

  • Asriyani Udin
  • Julius L.K. Randang
  • Edmon R. Kalesaran

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui peran masyarakat dalam mempromosikan destinasi wisata Pulau Maitara Kota Tidore Kepulauan.Salah satu destinasi yang ada di Kota Tidore Kepulauan adalah Pulau Maitara.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah informan sebanyak 10 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran masyarakat dalam mempromosikan destinasi wisata Pulau Maitara sangat berperan penting seperti fokus penelitian yaitu : 1. Attention (perhatian) : untuk menarik perhatian wisatawan biasanya dilakukan promosi melalui festival-festival dan melalui media sosial. 2. Interest (ketertarikan) : dari informasi yang didapatkan maka wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Pulau Maitara. 3. Desire (keinginan) : wisatawan berkeinginan untuk berkunjung ke Pulau Maitara selain melihat destinasi wisata juga melihat keunggulan serta kebudayaan yang masih terjaga sampai saat ini. 4. Decision (keputusan) : dari informasi yang didapatkan menimbulkan rasa penasaran, ingin mengetahui lebih jauh sehingga mereka memutuskan untuk berkunjung ke Pulau Maitara. 5. Action (tindakan) : tindakan yang dilakukan adalah berkunjung ke Pulau Maitara walaupun tidak semua destinasi bisa dikunjungi tetapi harapannya agar masyarakat lebih meningkatkan bentuk promosi dan memperhatikan sarana prasarana pendukung pariwisata. 

Kata Kunci : Peran, Promosi, Destinasi wisata

Downloads

Published

2020-07-28

How to Cite

Udin, A., Randang, J. L., & Kalesaran, E. R. (2020). PERAN MASYARAKAT DALAM MEMPROMOSIKAN DETINASI WISATA PULAU MAITARA KOTA TIDORE KEPULAUAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/29667

Most read articles by the same author(s)

> >>