ANALISIS MOTIF PENGUNGKAPAN EMOSI KAUM MILENIAL MELALUI PENULISAN STATUS DI FACEBOOK

Authors

  • Valery Esther Basir
  • Desie M. D. Warouw
  • Leviane Jackelin Hera Lotulung

Abstract

Media sosial menjadi hal yang diminati banyak orang, terlebih khusus bagi para kaum milenial.Facebook merupakan salah satu bagian dari media sosial.Facebook yang merupakan sarana untuk berkomunikasi justru digunakan sebagai tempat untuk saling menyindir dan meluapkan emosi yang terkadang tidak pantas untuk dibagikan lewat penulisan status yang bisa dilihat oleh banyak orang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dari para kaum milenial dalam pengungkapan emosi melalui penulisan status di facebook di akun facebook Valery Esther.Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan menggunakan Teori Interaksi Simbolik.Informan dalam penelitian berjumlah 5 orang. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pikiran, para kaum milenial sebelum meluapkan emosi melalui penulisan status di facebook adalah mengingat kembali pengalaman atau kejadian yang membawa mereka ke tempat dan waktu tersebut, (2) Diri, para kaum milenial melihat diri mereka dalam pandangan orang lain adalah hal yang negatif, (3) Motif para kaum milenial dalam pengungkapan emosi melalui penulisan status di facebook adalah untuk mencapai kepuasan diri dan mendapat perhatian dari orang lain, (4) Masyarakat atau orang sekitar ternyata memiliki pengaruh dalam  pengungkapan emosi kaum milenial melalui penulisan status di facebook.

 

Kata Kunci: Media Sosial, Facebook, Kaum Milenial, Motif.

Downloads

Published

2020-07-30

How to Cite

Basir, V. E., Warouw, D. M. D., & Lotulung, L. J. H. (2020). ANALISIS MOTIF PENGUNGKAPAN EMOSI KAUM MILENIAL MELALUI PENULISAN STATUS DI FACEBOOK. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/29683

Most read articles by the same author(s)

> >>