PERSEPSI REMAJA PADA ROKOK ELEKTRIK VAPE (STUDI PADA ANAK USIA REMAJA DI DESA SEA KECAMATAN PINELENG)
Abstract
Merokok sudah menjadi gaya hidup diberbagai kalangan dan tidak hanya dikonsumsi oleh konsumen pria dewasa saja tapi juga para remaja. Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa, Perubahan fisik,kejiwaan sosial dan intelektual yang dilalui remaja dalam waktu yang cukup cepat membuat remaja kerap kali mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri. Dan pada saat sekarang ini remaja yang berusia 13 hingga 18 tahun mengenal rokok dari hasil berkomunikasi di lingkungan pertemanan mereka yang menuntut para remaja mencari jati diri atau identitas diri. Dalam perkembangan rokok pada saat ini kini muncul suatu tren di Indonesia yaitu Rokok elektrik vape.Rokok elektrik vape merupakan jenis rokok penghantar nikotin elektrik.Perkembangan zaman pada saat ini memang sangat menarik perhatian para remaja, karena tergiur dengan hasil berkomunikasi antar teman.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Persepsi remaja di Desa Sea kecamatan Pineleng pada rokok Elektrik Vape.Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi dan Wawancara dengan menggunakan Teori Persepsi dari Djalaludin Rakhmat yaitu Field Of Experience dan Frame Of Reference.Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pengalaman, para remaja merasa menjadi anak gaul dikalangannya. (2) Menafsirkan, para remaja terlalu dangkal menafsirkan suatu informasi yang mereka terima(3) Memberikan makna,para remaja tidak memahami makna apa yang terkandung dalam proses penyampaian informasi antar teman (4) Sensasi, sensasi yang mereka rasakan adalah kenikmatan dan saat mereka nongkrong terasa mengasikkan karena ruang lingkup pergaulan
                                                                                                                                  Â
Kata kunci : Remaja, Rokok elektrik, Vape, Persepsi.