PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER INFORMASI BAGI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA TIDORE KEPULAUAN

Authors

  • Abd Latif Majid
  • Nolly S. Londa
  • Anthonius M. Golung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber informasi bagi siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Tidore Kepulauan. Perpustakaan merupakan salah satu pusat informasi atau tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi pustaka baik buku-buku atau bacaan lainnya, yang digunakan untuk sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang menyenangkan. Pemanfaatan perpustakaan sekolah adalah sebagai sarana bagi para siswa untuk belajar menjadi manusia yang memiliki literasi informasi. Yaitu seseorang yang mampu mengidentifikasi kebutuhan informasinya, belajar mencari dan menemukan sumber-sumber informasi yang sesuai dengan kebutuhannya, sampai menemukan informasi yang dibutukannya, lalu memanfaatkan informasi tersebut, dan akhirnya mampu mengevaluasi sejauh mana kebutuhan informasinya sudah dapat terpenuhi.. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi, dengan jumlah informan 9 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber informasi bagi siswa sangat penting, seperti focus penelitian : 1. Menanamkan kebiasaan belajar mandiri sehingga murid-murid bisa belajar sendiri, 2. Melatih murid-murid ke arah tanggung jawab, 3. Memperlancar murid-murid dalam menyelesaikan tugas sekolah, 4. Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber informasi bagi siswa.

Kata Kunci : Pemanfaatan Perpustakaan, Sumber Informasi.

Downloads

Published

2020-09-01

How to Cite

Majid, A. L., Londa, N. S., & Golung, A. M. (2020). PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER INFORMASI BAGI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA TIDORE KEPULAUAN. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/30192

Most read articles by the same author(s)

> >>