PERAN PEMIMPIN DALAM MENGEFEKTIFKAN KINERJA PEGAWAI DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN GOWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran  pemimpin dalam meningkatkan kinerja  pegawai di dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten gowa.  Pada dasarnya pemimpin mampu melaksanakan  fungsi-fungsinya  dengan memiliki  jiwa kepemimpinan yang  baik dan  punya  integritas dimana ia mampu mempengaruhi perilaku  bawahannya. Sangat mungkin  organisasi tersebut mencapai sasaran atau  tujuan  yang  telah  dibuat.Dalam organisasi, pegawai  bekerja  selalu tergantung pada pimpinan. Bila pimpinan tidak memiliki kemampuan memimpin, maka  tugas-tugas yang  sangat kompleks  tidak  dapat dikerjakan dengan baik  oleh pegawai. Apabila pemimpin mampu melaksanakan tugas-tugas dengan baik, makaorganisasi tersebut dapat mencapai tujuannya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan  dokumentasi dengan jumlah informan 8 orang.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  peran  pemimpin  dalam  mengefektifkan  kinerja  pegawai sangat berperan penting, seperti focus penelitian yaitu perencanaan
:Kepala perpustakaan selalu melibatkan bawahannya dalam pengambilan keputusandalam melakukan perencanaan sehingga menghasilkan keputusan bersama antara pemimpin dengan bawahannya. Pengorganisasian :pemimpin menempatkan pegawainyan sudah sesuai dengan bidang  keahliannya masing- masing. Penggerak : pemimpin melakukan pendekatan kepada para
Â
pegawai dan  berkoordinasi dengan kepala bidang  sehingga bisa menggerakkan para  pegawai untuk bekerja. Pengawasan :Pimpinan sering   mengadakan  pengawasan  atau    monitoring   terhadap pegawai  untuk   bisa  melihat   kinerja   para   pegawai.  Motivasi
:pemimpin selalu memberikan pengarahan dan motivasi agar pegawai selalu semangat dalam bekerja.
Kata Kunci : Pemimpin, Kinerja, Pegawai