Peran Komunikasi Kepemimpinan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado Dalam Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak di Kota Manado

Authors

  • Elsha L Kumayas
  • Desie M D Warouw
  • Anthonius M. Golung

Abstract

ABSTRAK

pajak sangat penting untuk meningkatkan penerimaan Negara yang digunakan sebagian besar untuk daerah wajib pajak itu sendiri, oleh karena itu dalam rangka mengurangi atau bahkan menghilangkan sama sekali hambatan-hambatan tersebut maka perlu diusahakan suatu kondisi yang membuat masyarakat wajib pajak menjadi sadar untuk membayar pajak. Memberikan bimbingan dan penerangan kepada masyarakat mengenai manfaat pajak merupakan langkah yang paling penting dalam mensosialisasikan pajak tersebut. Oleh karena itu penelitian ini membahas  tentang Peran Komunikasi Kepemimpinan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado Dalam Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak di Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan landasan teori peran dimana merupakan panduan untuk mengetahui Peran Komunikasi Kepemimpinan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado Dalam Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak di Kota Manado. Dari penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan antara lain: (1) Perilaku Interaksi Kepemimpinan Kantor Pelayanan pajak Pratama manado dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak (2) Kaitan kepemimpinan kantor pelayanan pajak pratama manado dengan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran wajib pajak dikota manado.

kata kunci : peran, Kepemimpinan KPP, Wajib pajak.

Downloads

Published

2021-04-06

How to Cite

Kumayas, E. L., Warouw, D. M. D., & Golung, A. M. (2021). Peran Komunikasi Kepemimpinan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado Dalam Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak di Kota Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/33339

Most read articles by the same author(s)

> >>