PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS 3 JURUSAN AKUNTANSI SMK N 1 MANADO

Authors

  • Merlin Tamat
  • Anthonius M. Golung
  • Anita Runtuwene

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa kelas 3 jurusan akuntansi Smk N 1 Manado. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu lembaga yang   menyediakan berbagai macam  koleksi, baik dalam bentuk cetak maupun  noncetak, yang disusun berdasarkan tata aturan tertentu guna membantu proses temu kembali informasi dalam memenuhi kebutuhan pemustaka. Peran perpustakaan sekolah sebagai salah satu sumber belajar dan tempat yang diinginkan mampu menjadi tempat pengembangan minat baca siswa. Untuk dapat meningkatkan minat baca siswa maka perlu pengelola perpustakaan bisa bekerja sama dengan guru atau siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah informan sebanyak 6 informan yang terdiri dari kepala perpustakaan  2  orang  petugas  perpustakaan  dan  3  orang  siswa  kelas  3  Jurusan akuntansi Smk N 1 Manado. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu mempromosikan, menyebarluaskan informasi, memberdayakan pengguna. Peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca belum berjalan dengan baik. Hal itu dapat dibuktikan   dari belum lengkapnya koleksi yang tersedia diperpustakaan sebagai sumber belajar siswa.

 

 

 

 

Kata Kunci : Peran, Perpustakaan Sekolah, Meningkatkan Minat Baca Siswa

Downloads

Published

2021-04-07

How to Cite

Tamat, M., Golung, A. M., & Runtuwene, A. (2021). PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS 3 JURUSAN AKUNTANSI SMK N 1 MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/33391

Most read articles by the same author(s)

> >>