PERANAN PROMOSI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MANADO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan promosi perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. Promosi perpustakaan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya perpustakaan bagi kehidupan. Promosi yang dilakukan Perpustakaan Kota Manado untuk memperkenalkan perpustakaan dan produk-produk yang ada belum dapat menjadi ikon untuk menarik perhatian masyarakat datang berkunjung ke perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah 1 kepala bidang, 1 staf pustakwan, 2 orang staf dan 2 orang pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. Adapun yang menjadi fokus penelitian adalah advertising, Personal Selling dan Sales Promotion. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado menggunakan media social facebook sebagai sarana promosi dan memperkenalkan aplikasi ebook Dispersip. Produk yang ditawarkan perpustakaan adalah bahan pustaka, penyediaan fasilitas seperti Wifi dan aplikasi ebook dispersip, pustakawan melakukan promosi secara langsung dalam bentuk bimbingan pemakai tetapi belum maksimal, terkendala kurangnya SDM, media sosial khususnya facebook, sosialisasi (tidak intens) dan melalui bimbingan pemakai bagi pemustaka. Menyediakan aplikasi ebook disperpsib dan menyediakan koleksi yang sesuai dan relevan dengan kebutuhan pemustaka dan produk yang ditawarkan perpustakaan adalah bahan pustaka, penyediaan fasilitas seperti Wifi dan aplikasi ebook dispersip. Produk yang ditawarkan perpustakaan dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. Sebaiknya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado dapat mendesain lebih menarik bahan promosi agar dapat menarik perhatian pengunjung, perlu adanya perhatian pimpinan terhadap pelaksanaan promosi yang dilakukan setiap tahunnya, perlu adanya pengembangan promosi perpustakaan yang lebih bervariatif untuk meningkakan jumlah pengunjung baik melalui media sosial, sosialisasi ataupun bimbingan pemakai dan perlu adanya perhatian dan evaluasi pimpinan terhadap SDM dan anggaran sebagai faktor pendukung terlaksananya promosi .
Kata Kunci: Promosi, Perpustakaan, Minat kunjung.