IMPLEMENTASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI DI DINAS PERPUSTAKAAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan efektifitas kerja  di  dinas perpustakaan kabupaten bolaang mongondow selatan .Manajemen perpustakaan adalah salah satu penunjang agar aktivitas perpustakaan terotganisi, tercapainya tujuan perpustakaan memiliki peran dalam informasi sebagai lembaga penyimpanan, lembaga mengolah dan mengorganisasikan informasi, lembaga penyebaran informasi. Efektifitas kerja secara umum menunjukkan pada taraf tercapainya hasil. Efektifitas menekankan pada hasil yang dicapai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah informan 3 orang pegawai dan 3 orang pengunjung perpustakaan di dinas perpustakaan kabupate bolaang mongondow selatan. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu lima (5) fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengwasan  dan  evaluasi.  Perpustakaan sebagai  lembaga  pendidikan  dan  lembaga informasi akan memiliki kinerja yang baik apabila ditunjang  dengan manajemen yang memadai. efektivitas adalah tingkat keberhasilan dari sebuah tindakan yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Â
Â
Kata Kunci : Implementasi Manajemen, Efektifitas Kerja