Kredibilitas Pemberitaan COVID-19 pada CNNIndonesia.com (Studi Analisis Isi )
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi aktualitas dan akurasi, yang merupakan kategori kredibilitas berita sehingga suatu berita bisa dikatakan kredibel. Apakah media online sekarang ini lebih mengutamakan aktualitas dibandingkan akurasi dari berita-berita yang disuguhkannya ataukah sebaliknya. Mengingat senjata utama media online adalah kecepatan atau aktualitas. Dalam teori kredibilitas media model Flangin dan Mertzger untuk mengukur kredibilitas media yaitu dapat dipercaya (believability), akurasi (accuracy). Metode yang digunakan adalah analisis isi deskriptis, sampel berita ini yang termuat di tentukan peneliti dari tanggal 1 Maret - 31 Maret 2020. Dengan unit analisis melihat penerapan berita dari unsur penelitian akurasi judul dan isi, kesalahan penulisan, akurasi foto dan isi, opinitative, dan transparansi sumber. Hasil penelitian menunjukkan kredibilitas pemeberitaan covid-19 pada media online CNNIndonesia.com dalam dimensi accuracy melalui indikator Akurasi Judul dan Isi dengan 16 dari total 16 berita yang memiliki keterkaitan antara judul dan isi sebagai karakteristik komunikasi pada unggahannya selama kurun waktu 1 - 31 Maret 2020. Pada indikator Kesalahan Penulisan total 16 berita yang tidak memiliki kesalahan dalam penulisan. Pada hasil penelitian Kredibilitas pemeberitaan dalam dimensi Believability melalui indikator, akurasi foto dan isi memiliki keterkaitan antara foto dan isi sebagai karakteristik komunikasi pada unggahannya selama kurun waktu 1 - 31 Maret 2020. Berdasarkan Indikator Opinitative dengan 10 dari total 16 berita yang tidak tercampur dengan opini manapun. Berdasarkan Indikator Transparansi Sumber memiliki sumber yang dapat terpercaya.
Â
Kata kunci : Kredibilitas Media, COVID-19, Media Online