STARTEGI KOMUNIKASI BISNIS BERMEDA SOSIAL MASA PANDEMI COVID-19 PENGUSAHA BABI DI SONDER MINAHASA
Abstract
ABSTRAK
Saat ini dunia termasuk Indonesia sedang dilanda dengan suatu virus penyakit yaitu Covid-19 atau yang lebih di kenal dengan virus corona. Fenomena ini tentunya sangat mempengaruhi semua sisi kehidupan manusia yang memaksa semua untuk tidak keluar rumah dan dibatasi dalam melakukan kegiatan di luar rumah. Dampak corona juga sampai ke masyarakat yang ada di propinsi sulawesi utara, khususnya kabupaten Minahasa dan kecamatan Sonder, terlebih kepada para pengusaha ternak babi yang menurun omset penjualannya. Untuk itu pengusaha ternak Babi harus mencari strategi komunikasi bisnis bermedia sosial dalam menjual atau memasarkan produk mereka di era Covid saat ini walaupun mereka harus mengikuti protokol kesehatan yang di sampaikan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana stategi komunikasi bisnis bermedia sosial masa pandemi Covid-19 oleh pengusaha ternak babi di kecamatan Sonder kabupaten Minahasa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Mix Marketing menurut Philip Kotler itu 4 P produck ,price, place, promotion. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatifdengan terknik pengambilan teknik pengambilan sampel purpovise sampling. Informan dalam penelitian ini ada para pengusaha/peternak babi yang ingin memasarkan pruduk mereka dengan memakai strategi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pengusaha ternak babi berhasil menjual produk mereka dengan menentukan harga , termpat yang merekan tentukan dan juga dengan memakai promosi sehingga banyak orang yang membeli produk yang mereka jual.
Â
Kata Kunci: Komunikasi bisnis, Pengusaha babi, Media Sosial
Â