STRATEGI PENYIARAN LIVE STREAMING MUSIC BAND UNDER GROUND MANADO MELALUI APLIKASI INSTAGRAM
Abstract
ABSTRAK
Â
Dalam ekosistem music underground Manado, komunitas Moshpit sebagai salah satu komunitas yang berada ditengah-tengah ekosistem music underground Manado adalah sebuah label music dan juga kiblat music manado. Sebagai sebuah media bagi para anggota Moshpit selaku kelompok pegiat seni memiliki tujuan melakukan produksi dan promosi music hasil karya band anggota Moshpit. Dalam masa pandemic seperti saat ini pembatasan jumlah massa sedang dibatasi karena itu ekosistem music yang bertumpu pada panggung music pun sedang dibatasi dalam mengurangi angka korban covid. Komunitas Moshpit juga memerlukan wadah untuk menyebarluaskan hasil karya band mereka dalam masa pandemic seperti sekarang Moshpit mencoba menggunakan platform media sosial yaitu Instagram sebagai salah satu cara berinteraksi dengan penikmat music underground dan masyarakat awam di Manado dengan cara penyiaran live streaming melalui akun Instagram milik komunitas yaitu @moshpitmdo. Dalam hal ini peneliti ingin meneliti cara-cara apa saja yang dilakukan komunitas Moshpit Manado sebagai wadah atau media dalam lingkup komunikasi massa menerapkan penyiaran live streaming dengan menggunakan indikator-indikator pada teori strategi penyiaran yaitu strategi kesesuaian, strategi pembentukan kesesuaian, strategi pengontrol arus pendengar, Strategi penyimpanan sumber program dan strategi daya tarik massa dan apa saja hal-hal yang didapatkan dalam penggunaan teori strategi penyiaran ini. Dengan mengguunakan metode penelitian kualitatif dan dengan mengolah data secara observasi dan juga wawancar kepada informan peneliti mendapatkan bahwa teori strategi penyiaran menjadi acuan dalam mengoperasikan penyiaran live streaming music Sattelite Sound.
Â
Kata Kunci: Â Strategi Penyiaran, Live Streaming Music, Instagram