EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI TELEGRAM SEBAGAI MEDIA HIBURAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN DAN KEPUASAN PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI
Abstract
Abstrak
Â
Kebutuhan pengguna akan media sosial tidak dapat terlepas dari kehidupannya. Tetapi pemenuhan kebutuhan itu membuat pengguna aktif dan selektif untuk memilih dan menggunakan media sosial yang pada akhirnya menciptakan suatu kepuasan. Media sosial yang digunakan adalah Telegram. Saat ini Telegram menjadi salah satu media sosial yang cukup banyak diminati oleh kaum muda khususnya mahasiswa. Kemudahan mengakses film merupakan nilai tambah dari penggunaan media sosial telegram sebagai media hiburan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas penggunaan aplikasi Telegram sebagai media hiburan dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan dengan menggunakan model teori Uses and Gratifiation. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan pengambilan data menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 474 mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan sampel sebanyak 48 responden dari masing-masing angkatan diambil 10%. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa media sosial telegram termasuk efektif penggunaannya pada mahasiswa Ilmu Komunikasi sebagai media hiburan dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan dengan hasil rata-rata sebesar 3,56 yang telah dihitung menggunakan bantuan aplikasi perhitungan statistik SPSS versi 16.0. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektivitas penggunaan media sosial Telegram pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sam Ratulangi cenderung sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan sebagai media hiburan.
Â
Kata Kunci: efektivitas, telegram, hiburan, kebutuhan dan kepuasan