PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT MENDENGARKAN SIARAN RADIO MOTION 91,8 FM MANADO (STUDI PADA PENGIKUT DI AKUN INSTAGRAM @MOTIONAMANDO)
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian ini membahas tentang pengaruh media sosial Instagram terhadap minat mendengarkan siaran radio Motion 91,8 FM Manado yang bertujuan untuk mengetahui apakah Media Sosial Instagram berpengaruh terhadap minat pada followers akun Intagram @motionmanado dalam mendengarkan siaran radio dengan menggunakan model teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif statistik dengan kuesioner sebagai instrument penelititan, dan pengambilan data menggunakan teknik Simple Random Sampling . Populasi dalam penelitian ini adalah 2.255 pengikut akun Instagram @motionmanado dengan sampel sebanyak 96 responden yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang kuat sebesar 0,750 antara media sosial Instagram @motionmanado terhadap minat mendengarkan siaran radio Motion 91,8 FM Manado. Uji hipotesis dilakukan dengan menganalisis hasil uji t (t-test) antara variabel media sosial Instagram @motionmanado dengan variabel minat mendengarkan siaran radio, perhitungan statistik menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0. Hasilnya didapatkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), dan berdasarkan nilai t, diperoleh nilai  sebesar 10,978 yang mana dari nilai tersebut dapat dilihat bahwa lebih besar dari  sebesar 1,985 (10,978 > 1,985), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Instagram @motionmanado berpengaruh terhadap minat mendengarkan siaran radio.
Kata kunci: media sosial, instagram, minat mendengarkan, radio