PENGARUH IKLAN SHOPEE DI YOUTUBE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA ADMINISTRASI NEGARA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SAM RATULANGI

Authors

  • Jihaan Nabiilah Umar
  • Yuriewaty - Pasoreh
  • Johnny S Kalangi

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini membahas tentang pengaruh iklan shopee di youtube terhadap perilaku konsumtif mahasiswa administrasi negara fakultas ilmu sosial dan politik universitas sam ratulangi yang bertujuan mengetahui apakah iklan shopee di youtube mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa administrasi dan seberapa besar pengaruh iklan shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, dengan berdasarkan 4 indikator dari teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dan 4 indikator perilaku konsumtif oleh sumartono. Adapula Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan dengan jenis penelitian korelasional menggunakan teknik pengambilan data kuesioner, populasi penelitian ini sebanyak 400 mahasiswa Administrasi universitas Sam Ratulangi yang melihat iklan shopee di youtube dengan sample sebanyak 41 mahasiswa Administrasi universitas Sam Ratulangi yang ditentukan menggunakan proportional stratified random sampling analisis data menggunakan jenis analisis korelasional dengan hasil yang menyatakan bahwa  iklan shopee di youtube berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Administrasi universitas Sam Ratulangi dalam pembelian barang barang di e-commerce. Hasil dalam  Penelitian pengaruh Iklan Shopee di Youtube terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulang, membuahkan hasil positif, yaitu adanya pengaruh Iklan Shopee di Youtube terhadap perilaku konsumtif karna Hasil uji validitas data menyatakan valid, Uji penelitian pada data penelitian menghasilkan data yang reliable, dan Berdasarkan hasil perhitungan dalam regresi sederhana, maka diketahui bahwa adanya pengaruh antara variable Iklan Shopee di Youtube (X) terhadap perilaku konsumtif (Y).

 

Kata kunci : Iklan Shopee, Peilaku konsumtif

Downloads

Published

2022-01-15

How to Cite

Umar, J. N., Pasoreh, Y. .-., & Kalangi, J. S. (2022). PENGARUH IKLAN SHOPEE DI YOUTUBE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA ADMINISTRASI NEGARA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SAM RATULANGI. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/37972

Most read articles by the same author(s)

> >>