EFEKTIFITAS PROGRAM TAYANGAN “BELAJAR DARI RUMAH” DI TVRI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ERA COVID-19 (Studi di SD Negeri 36 Kleak Kecamatan Malalayang Manado)

Authors

  • Desmon Michael Manik
  • Nolly S Londa
  • Edmon R Kalesaran

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas program tayangan “Belajar Dari Rumah†di TVRI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada era Covid-19. Motivasi belajar yaitu sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek itu dapat tercapai. Motivasi mempunyai peranan yang strategis dalam aktivitas belajar seseorang. Tidak ada seorang pun yang belajar tanpa motivasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu realitas dipandang sesuatu holistik, kompleks, dinamis, penuh makna, dan pola pikir induktif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori AIDDA, yang disebut .4-,4 Procedure atau From Attention to Action Procedure yang dikemukakan oleh Wilbur Schramm. AIDDA merupakan akronim dari Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (keinginan), Decision (keputusan) dan Action (tindakan). AIDDA digunakan agar terjadi efektivitas penyampaian pesan dengan cara menarik perhatian komunikan hingga memutuskan untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh komunikator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, 1) Siswa mau mempertahankan untuk tetap mempunyai motivasi belajar pada era Covid-19, melalui program tayangan “Belajar Dari Rumah†di TVRI dapat membantu di dalam proses pembelajaran siswa di sekolah. 2) Ibu siswa mau mempertahankan untuk tetap mengarahkan dan mengedukasi anak mereka untuk menonton program tayangan “Belajar Dari Rumah†di TVRI dan perlu adanya kerjasama antara ibu siswa dan guru dalam mendorong siswa untuk lebih semangat belajar dan jawabannya melalui program tayangan tersebut.

 

Kata Kunci : Efektifitas, Tayangan “Belajar Dari Rumahâ€, Motivasi Belajar

Downloads

Published

2022-01-16

How to Cite

Manik, D. M., Londa, N. S., & Kalesaran, E. R. (2022). EFEKTIFITAS PROGRAM TAYANGAN “BELAJAR DARI RUMAH” DI TVRI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ERA COVID-19 (Studi di SD Negeri 36 Kleak Kecamatan Malalayang Manado). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/38003

Most read articles by the same author(s)

> >>