MAKNA TANDA DALAM FILM MONEY HEIST (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)

Authors

  • Rio Syahruddin Fabanyo
  • Antonius - Boham
  • Julius L.K. Randang

Abstract

ABSTRAK

 

Film Money Heist (Serial drama Netflix) merupakan karya Alex Pina. Film ini mengisahkan aksi perampokan di Badan Percetakan Uang (Royal Mint) hingga berujung melawan pemerintahan Spanyol. Dalam film ini, ada beberapa tanda khas yang memiliki makna tersendiri berdasarkan latar belakang sosial-budaya. Menariknya, tanda-tanda dalam film itu muncul dalam beberapa persitiwa gerakan sosial di kehidupan nyata, seperti topeng Salvador Dali, terusan merah dan lagu Bella Ciao. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna tanda dalam film Money Heist dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi serta triangulasi. Dalam menganalisis makna tanda menggunakan model semiotika Charles Sander Pierce untuk mengindentifikasi, mengklasifikasi dan memaknai tanda-tanda yang terkandung. Hasil analisis makna tanda dalam film Money Heist ini meliputi: a) makna tanda penuntutan akses informasi terkait perlindungan HAM pada tulisan transparencia; b) makna tanda perampokan adalah tindakan keadilan; c) makna tanda perlawanan pada kalimat la Resistencia; d) makna tanda perlawanan pada terusan merah; e) makna tanda perlawanan pada topeng Salvador Dali; f) representasi Enric Duran pada karakter Profesor; g) representasi feminisme pada karakter Tokyo; h) representasi homoseksual pada karakter Helsinki dan Palermo; i) representasi kebebasan gender pada karakter Denver dan Moscow; j) representasi matriarki pada karakter Nairobi; k) representasi patriarki pada karakter Palermo; l) representasi perlawanan sipil pada lagu Bella Ciao; m) representasi Robin Hood pada karakter Profesor serta ; n) representasi skeptisisme terkait perlindungan HAM dalam negara demokrasi pada karakter Raquel.

 

Kata kunci : Makna Tanda, Semiotika, Charles Sanders Pierce, Film, Money Heist

 

Downloads

Published

2022-01-17

How to Cite

Fabanyo, R. S., Boham, A. .-., & Randang, J. L. (2022). MAKNA TANDA DALAM FILM MONEY HEIST (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/38019

Most read articles by the same author(s)

> >>