PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KUALITAS PELAYANAN DI BAGIAN REFERENCE UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT DI MASA PANDEMI

Authors

  • Elsye - Waromi
  • Nolly S Londa
  • Julius L.K Randang

Abstract

ABSTRAK

Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang berada di perguruan tinggi yang  bertujuan untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian  kepada masyaraka keberadaan perpustakaan perguruan tinggi sangat penting dalam membantu menyediakan informasi sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar serta pemenuhan kebutuhan informasi bagi pemustaka. Kualitas layanan Perpustakaan mengacu pada kepada kebutuhan pemustaka. Oleh sebab itu, layanan yang baik adalah layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pemustaka. Penelitia ini berrtujuan untuk mengetahui respon dari mahasiswa tentang kualitas pelayanan di bagian referensi UPT Perpustakaan Unsrat yaitu  unsur Tengible (Fisik), Realibility (Kehandalan), Responsive (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan) dan Empaty (Perhatian). Adapun  metode yang digunakan adalah  metode kualitatif. Hasil penelitian ini  menunjukan bahwa  kualitas pelayanan yang dipersepsikan oleh responden yaitu seperti kurangnya SDM atau puskawan yang melayani pada bagian  referensi sehinggs diharapkan agarvperpustakaan dapat bisa merekrut  pustakawan  yang dapat menguasai bidangnya  dan juga kelemahan lainnya adalah kekurangan koleksinya dan informasi yang up to date. Adapun penambahan opini dari pengunjung agar perpustakaan menambah lagi rak untuk koleksi buku yang ada karna dilihat masih banyaknya koleksi yang berada di kursi atau meja karna sebagian rak sudah di penuhi oleh koleksi-koleksi yang ada sehingga hal diharapkan dapat menjadi masukan bagia para pustakwan di UPT Perpustakan Unsrat bahwa perlu ditingkatkan  kualitas pelayanan para pustakawan sehingga minat baca mereka meninggkat karena merasa “nyaman†berada pada bagian  referensi ini.

 

Kata kunci : Kualitas Layanan, Perpustakaan Perguruan Tinggi.

 

Downloads

Published

2022-04-02

How to Cite

Waromi, E. .-., Londa, N. S., & Randang, J. L. (2022). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KUALITAS PELAYANAN DI BAGIAN REFERENCE UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT DI MASA PANDEMI. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/39777

Most read articles by the same author(s)

> >>