BUZZER DI MEDIA SOSIAL PADA SULAWESI UTARA (STUDI TERHADAP KAMPANYE POLITIK ODSK 2020)
Abstract
ABSTRAK
Media sosial telah memberikan ruang baru dalam studi demokrasi. Pada penelitian ini penulis membahas mengenai fenomena munculnya buzzer politik dan perannya dalam membentuk opini masyarakat melalui media sosial. Berbagai Buzzer media sosial menjadi sarana untuk membentuk opini masyarakat secara luas baik berupa dukungan pada para pasangan calon maupun isu-isu lain yang sengaja diciptakan untuk mempengaruhi masyarakat pada Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara periode 2020-2024. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif menjadi buzzer politik di media sosial dalam kampanye politik Paslon ODSK pada Pilgub Sulut 2020. Penelitian ini menggunakan studi atau metodologi fenomenologi yaitu pendekatan yang berdiri sendiri dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Lewat observasi yang dilakukan peneliti kepada dua informan dengan hasilnya Schutz  membedakan motif menjadi dua tipe motif, motif sebab dari penelitian ini yaitu Motif Sukarela dan motif komersial sedangkan motif tujuan motif keorganisasian, Informan mengaku bahwa mereka merupakan anggota dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan memiliki tujuan utama untuk memenangkan calon yang diusung partainya. Pola kerja buzzer politik ODSK yaitu pertama buzzer mendapatkan bahan berita dari tim kampanye, buzzer mencari berita-berita atau isu yang sedang dibicarakan di media sosial seputar PILKADA   kemudian buzzer mengunggah konten, buzzer menanggapi serta merespon setiap komentar dari masyarakat maupun dari tim buzzer lawan.
Â
Kata kunci: Buzzer, Media sosial, Kampanye Politik