PENTINGNYA ADAPTASI BAGI MAHASISWA PENDATANG DI UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO (STUDI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA TERHADAP MAHASISWA ASAL KABUPATEN KAIMANA PROVINSI PAPUA BARAT)

Authors

  • Sandy - Sahelangi
  • Desie M.D. Warouw
  • Ferry V.I.A Koagouw

Abstract

ABSTRAK

Menyesuaikan diri ialah penyesuaian diri serta metode ataupun proses penyesuaian diri pada tiap orang ataupun manusia berbeda-beda. Terdapat yang proses adaptasinya kilat, terdapat pula yang relative lama. Tidak jadi permasalahan, pada intinya kita cuma wajib senantiasa melaksanakan penyesuaian diri. Kala kita berpindah dari satu area ke area yang lain, berpindah tempat pekerjaan, pindah sekolah, ataupun misalnya dari sekolah menengah ke Universitas pastilah hendak terdapat banyak pergantian, banyak hal-hal baru serta berbeda yang hendak ditemui. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pentingnya Adaptasi Mahasiswa Asal Kaimana di Universitas Sam  Ratulangi. Tujuan Penelitian, untuk mengetahui bagaimana proses adaptasi Mahasiswa Asal Kaimana di Universitas Sam Ratulangi Manado. Untuk mengetahui pentimgmya adaptasi bagi mahasiswa pedang di universitas sam ratulangi (studi komunikasi antar budaya terhadap mahasiswa asal kabupaten kaimana provinsi papua barat. Menggunakan metodelogi penelitian kualitatif, penelitian menggunakan teori culture shock untuk mengukur masalah yang terjadi terkait perbedaan latar belakang budaya, bahasa dan cara bicara mahasiswa asal kaimana menggunakan empat fase yaitu fase kegembiraan, fase masalah kultural, fase recovery, fase adaptasi. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mandalam dengan responden yakni mahasiswa asal kaimana yang kuliah di Unsrat. Responden dalam penelitian berjumlah 8 orang dari beberapa fakultas. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa, dari 8 responden mereka mengalami semua fase tersebut.

 

Kata Kunci:, Adaptasi Mahasiwa, Komunikasi Antarbudaya

 

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Sahelangi, S. .-., Warouw, D. M., & Koagouw, F. V. (2022). PENTINGNYA ADAPTASI BAGI MAHASISWA PENDATANG DI UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO (STUDI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA TERHADAP MAHASISWA ASAL KABUPATEN KAIMANA PROVINSI PAPUA BARAT). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/40254

Most read articles by the same author(s)

> >>