POLA KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI BERMEDIA ANAK DENGAN ORANG TUA TINGGAL TERPISAH (STUDI PADA: MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2018)

Authors

  • Lorenza Hana Posumah
  • Elfie - Mingkid,
  • Stefi H Harillama

Abstract

 

ABSTRAK

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan terhitung sebanyak 5 orang. Penetapan Informan menggunakan teknik purposive sampling dimana peneliti menetapkan kriteria tertentu. Hasil dari penelitian yang berdasarkan pada teori yang dipelopori oleh Fitzpatrick yaitu Teori Skema Hubungan Keluarga yaitu untuk mengetahui pola komunikasi seperti apa yang dihasilkan pada hubungan jarak jauh dilihat dari 2 orientasi yaitu: orientasi percakapan dan ortientasi kepatuhan. Dalam penelitian ini peneliti menemui 3 tipe yang digunakan setiap keluarga informan untuk berinteraksi dengan anggota keluarganya yaitu : 1. tipe konsensual dimana keluarga dari informan 1 memiliki skema percakapan dan skema kepatuhan yang tinggi, 2. tipe pluralistis yakni memiliki skema percakapan tinggi namun memiliki kepatuhan yang rendah. peneliti menemukan kecocokan tipe ini pada keluarga dari informan 2, 3 dan 4. tipe ke 3 yang peneliti temukan ialah tipe protektif pada keluarga dari informan 5 dimana memiliki skema percakapan rendah dan skema kepatuhan yang rendah. Keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan yang telah diterapkan oleh orang tua, akan membuat anak memahami serta menerapkan makna yang ditangkap oleh anak kedalam interaksinya dengan lingkuan sekitarnya termasuk pada saat anak dengan orang tua memiliki hubungan jarak jauh ataupun tinggal terpisah.

 

Kata Kunci : Pola Komunikasi Antarpribadi Bermedia


Downloads

Published

2022-04-16

How to Cite

Posumah, L. H., Mingkid, E. .-., & Harillama, S. H. (2022). POLA KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI BERMEDIA ANAK DENGAN ORANG TUA TINGGAL TERPISAH (STUDI PADA: MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2018). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/40287