STRATEGI MARKETING POLITIK PDIP DALAM PEMENANGAN WALIKOTA MANADO 2020 (STUDI PADA TIM PEMENANGAN JAM KOTA MANADO)
Abstract
ABSTRAK
Pemilihan walikota Manado merupakan bentuk sarana demokrasi. Perwujudan demokrasi ini dilaksanakan melalui pemilihan umum secara langsung sebagai sarana rakyat memilih wakil rakyat yang menjalankan fungsi pengawasan, menyalurkan aspirasi politik rakyat, dan membuat peraturan perundangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Adapun tujuan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing komunikasi politik JAM Sulut Hebat (Jaringan anak milenial) dalam pemenangan walikota Manado 2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa segmentasi pasar politik JAM Kota Manado terbagi atas beberapa segmen yaitu usia,suku, agama dan isu-isu politik serta hal-hal lain yang terbagi dalam ragam demografi masyarakat. Target politik JAM Kota Manado adalah pemilih pemula karena pemilih pemula masih awam dan dan terombang-ambing dalam menentukan pilihan sehingga membuka peluang besar untuk JAM merebut suara pemilih pemula untuk memilih AARS menjadi pemimpin Kota Manado. Peneliti juga menemukan bahwa JAM Kota Manado selalu memberikan pendidikan wawasan kebangsaan kepada anak-anak milenial. JAM selalu menyampaikan bahwa AA-RS adalah figur kepemimpinan yang berintegritas, sudah teruji dan sangat mengetahui persis keiginan dan dambaan para milenial. Sasaran dan tujuan dari JAM adalah anak-anak milenial dimana Milenial sangat dekat dengan sosial media sehingga strategi yang paling efektif yang diambil oleh JAM adalah melalui sosial media. JAM meningkatkan citra AA dengan mematahkan stigma dan isu-isu miring melalui pendidikan wawasan kebangsaan yang didalamnya selalu diingatkan bahwa Indonesia merupakan negara plural.
Â
Kata Kunci: Strategi, Marketing Politik, Pemenangan
Â