FUNGSI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELAYANAN PADA MAHASISWA IAIN TERNATE

Authors

  • Sitti Nabilla A. R
  • Desie M.D Warouw
  • Meiske - Rembang

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi manajemen pelayanan pada perpustakaan IAIN Ternate. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah motode penelitian kualitatif. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada perpustakaan IAIN Ternate pada fungsi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan kepuasan pelayanan masih kurang optimal dijalankan seperti yang tertera pada visi dari perpustakaan IAIN Ternate yang merupakan salah satu planning atau perencanaan yaitu untuk menjadi pusat rujukan dan sumber informasi yang berbasis e-library dalam pengembangan riset peradaban Islam dan masyarakat Islam kepulauan belum terlealisasikan secara optimal, pustakawannya masih kurang ramah, rendahnya koleksi yang dimiliki, dan sarana prasarana masih sangat kurang sehingga banyak pemustaka yang belum merasa puas. Pada penelitian ini peneliti memilih 8 informan dengan menggunkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu planning, organizing, actuating dan controlling. Fungsi manajemen sangat dibutuhkan sebab merupakan pengendalian dan pemanfaatan semua faktor dan sumber daya yang menurut satu perencanaan (Planning) diperlukan untuk mencapai suatu tujuan kerja, yang dimana untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai di perlukan manajemen yang memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber-sumber non manusia seperti sumber dana, perlengkapan, informasi, gagasan dan teknologi. Berbagai elemen tersebut kemudian dikelola melalui fungsi menajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengawasan, yang sangat diharapkan dapat membantu suatu jasa yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna, sehingga fungsi manajemen sangat diperlukan dan harus diperhatikan dalam perpustakaan IAIN Ternate agar tujuan yang telah di targetkan dapat tercapai dan berjalan dengan lacar.

 

Kata kunci : Fungsi manajemen, pelayanan,  kepuasan mahasiswa

 

Downloads

Published

2022-07-27

How to Cite

R, S. N. A., Warouw, D. M., & Rembang, M. .-. (2022). FUNGSI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELAYANAN PADA MAHASISWA IAIN TERNATE. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/42610

Most read articles by the same author(s)

> >>