PENGARUH MINAT BACA MEDIA ONLINE DAN MINAT BACA KORAN PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN WANEA KECAMATAN WANEA KOTA MANADO

Authors

  • Rio V Luntungan
  • Debby D.V Kawengian
  • Stefi H Harillama

Abstract

 

Abstrak

Seiring dengan perkembangan zaman di era globalisasi ini membuat arus informasi berjalan begitu cepat. Media (Press) yang merupakan sumber penyebar luasan informasi bagi masyarakat merupakan pilar utama dalam berjalannya arus informasi tentang segala peristiwa yang terjadi. Media online adalah sebuah inovasi dalam dunia jurnalistik membuat begitu banyak perubahan besar bagi masyarakat. Efek yang ditimbulkan dengan hadir dan berkembangnya berita media online yang paling sangat terasa adalah dimana minat baca berita masyarakat kepada media online sangatlah banyak dari pada media cetak yaitu koran, karena lebih dianggap praktis dan lebih fleksibel dalam pengaksesannya. Menurut Ruggiero, Hal ini sejalan dengan pendekatan uses and gratifications yang memandang bahwa pemilihan media dapat memberikan kepuasan kepada khalayak dalam memenuhi kebutuhannya dan khalayak dapat memahami berbagai alasan dalam menggunakan media. Setelah dilakukan penelitian,Media cetak menjadi pilihan hanya untuk interaksi sosial (menemukan bahan percakapan) Media online menjadi pilihan untuk berbagai keperluan, yaitu untuk interaksi sosial, untuk mencari infomrasi baru dan mengembangakan potensi diri, Media online dirasa mampu menjawab keinginan dari masyarakat ketimbang media cetak

 

Kata kunci: media online, media cetak, keinginan dan kepuasan

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Luntungan, R. V., Kawengian, D. D., & Harillama, S. H. (2022). PENGARUH MINAT BACA MEDIA ONLINE DAN MINAT BACA KORAN PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN WANEA KECAMATAN WANEA KOTA MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/43024

Most read articles by the same author(s)

> >>