PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA DI KELURAHAN PAKOWA

Authors

  • Kezia - Kawengian
  • Mariam - Sondakh
  • Elfie - Mingkid

Abstract

 

ABSTRAK

Media sosial dapat dipakai selaku media pembelajaran dan pendidikan. Media sosial mendatangkan manfaat positif atas kemudahan akses terhadap materi pelajaran selaku bahan diskusi dan tugas sekolah. Media sosial yang paling relevan sebagai media pembelajaran yaitu youtube, dengan konten-konten yang youtube sajikan dapat dijadikan sarana belajar yang menarik dan mudah dipahami para remaja serta dapat memotivasi mereka untuk belajar.maka dari itu tujuan penelitian ini ingin mengetahui apakah ada pengaruh media sosial youtube terhadap motivasi belajar pada remaja di Kelurahan Pakowa.Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif.Dalam penelitian ini ditemukan Media Sosial Youtube memberi pengaruh positif pada Motivasi Belajar pada Remaja di Kelurahan Pakowa. Penelitian ini memiliki hasil penelitian yang telah dibuktikan dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner, yaitu terdapat pengaruh Media Sosial Youtube pada Motivasi Belajar Pada Remaja di Kelurahan Pakowa. Hasil penelitian dapat disimpulkan melalui hasil uji yang telah peneliti lakukan menggunakan aplikasi SPSS 25. Media sosial youtube telah mengubah pola hidup dan budaya para remaja khususnya pada remaja yang ada di kelurahan pakowa dalam belajar oleh karena itu dibutuhkan pengawasan dari orang tua agar remaja dapat memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan motivasi belajar agar pengetahuan bertambah, bukan mengases konten-konten negatif.

 

Kata kunci: Media Sosial, Youtube, Motivasi Belajar, Remaja

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Kawengian, K. .-., Sondakh, M. .-., & Mingkid, E. .-. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA DI KELURAHAN PAKOWA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/43035

Most read articles by the same author(s)

> >>