EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD GMIM 6 MANADO

Authors

  • Feby Mydear Pelealu
  • Nolly S Londa
  • Elfie - Mingkid

Abstract

ABSTRAK

Komunikasi merupakan kebutuhan yang begitu penting untuk menunjang makhluk hidup untuk bersosialisasi dengan makhluk hidup lainnya. Begitu pula dalam proses belajar mengajar di sekolah, sangat di perlukan komunikasi, agar pesan atau info yang disampaikan oleh guru bisa diterima para anak didik atau siswa. Dalam proses pembelajaran itu, berlangsung komunikasi interpersonal guru dan siswa yang dapat membantu lingkungan dan suasana belajar yang baik sertamendorong motivasi belajar peserta didik yang merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran dan peningkatan mutu pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimna efektivitas komunikasi interpersonal antara guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa di SD GMIM 6 Manado. Penelitian ini memfokuskan pada komunikasi interpersonal yang dilakukan antara guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa di SD GMIM 6 Manado. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, sumber data, serta menggunakan teori tindak tutur (Speech Act Theory). Dari hasil penelitian dan pembahasan mengenai tindak tutur dari guru dan orang tua untuk memotivasikan anak dalam belajar, penulis menyimpulkan bahwa guru dan orang tua menggunakan tindak tutur motivasi di rumah ataupun di kelas untuk menggerakan, mendorong, dan mengarahkan siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan.

 

Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Guru dan Orang Tua, Motivasi Belajar

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Pelealu, F. M., Londa, N. S., & Mingkid, E. .-. (2022). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD GMIM 6 MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/43045

Most read articles by the same author(s)

> >>