PENGARUH KOMUNIKASI VIRTUAL ANTARA GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Â
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari komunikasi virtual lewat aplikasi WhatsApp yang dilakukan oleh guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Langowan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data tentang komunikasi secara virtual dan motivasi belajar siswa dilakukan dengan menggunakan 20 pertanyaan dalam bentuk angket,kemudian data diuji validitas dan reliabilitas,dan kemudian data dianalisis dengan metode korelasi sederhana dan analisis regresi linear sederhana. Bedasarkan hasil temuan dari angket 39 siswa kelas X. Siswa di SMA N 1 Langowan. Terdapat hubungan antara Komunikasi Virtual Antara Guru dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Langowan dengan dihasilkannya “r†Korelasi Pearson Product Moment sebesar 0,25, sehingga menyatakan bahwa terdapat hubungan yang Cukup Berarti: berdasarkan nilai Korelasi koefisien/kategori 0,20 – 0,399. Selanjutnya komunikasi secara virtual berpengaruh pada motivasi belajar siswa sebesar 6%, pengaruh 6 % dari Komunikasi Virtual adalah pengetahuan tentang karakteristi, pengetahuan tentang manfaat dan penggunaan tentang kepuasan pengguna dalam menggunakan whatsapp sehingga terjadi komuniaksi virtuan berpengaruh terhadap motovasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Langowan, sisanya 94% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Â
Â
Â
Kata kunci: Komunikasi Virtual, Komunikasi Guru dan Siswa, Motivasi Belajar.
Â