EFEKTIVITAS PROGRAM BELAJAR DI RRI TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Franklin - Delano
  • Reiner Richard Onsu
  • Leviane Jackelin Hera Lotulung

Abstract

ABSTRAK

Belajar di RRI adalah program yang dibuat khusus oleh Radio Republik Indonesia untuk membantu pembelajaran siswa dimasa pandemi Covid-19. Berdasarkan rumusan masalah dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif program Belajar di RRI sebagai media pembalajaran jarak jauh di SMP Negeri 1 Manado berdasarkan dari 4 indikator efektivitas  program menurut campbell dan 4 indikator keberhasilan jarak jauh yang diukur dari tingkat kepuasan siswa oleh McQuail. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, Populasi dalam penelitian ini sebanyak 138 siswa SMP Negeri 1 Manado yang pernah mengikuti program Belajar di RRI dan ditarik sampel sebanyak 58 siswa sebagai responden yang ditentukan menggunakan teknik pengambilan sample, simple random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa ada hubungan positif yang sangat kuat sebesar 0,830 antara efektivitas program siaran “Belajar di RRI†terhadap keberhasilan pembelajaran jarak jauh. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa salah satu media komunikasi massa yaitu radio melalui program siarannya sangat efektif digunakan sebagai media belajar bagi siswa di masa pandemi Covid-19 karena cukup menarik minat para siswa SMP Negeri 1 Manado untuk mengikuti siaran Belajar di RRI.

 

Kata kunci: Efektivitas Program, Siaran Belajar di RRI, Pembelajaran Jarak Jauh

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Delano, F. .-., Onsu, R. R., & Lotulung, L. J. H. (2022). EFEKTIVITAS PROGRAM BELAJAR DI RRI TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/43051

Most read articles by the same author(s)

> >>