Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sirkulasi Di Upt Perpustakaan Universitas Khairun Ternate
Abstract
ABSTRAK
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap pelayanan Sirkulasi di UPT Perpustakaan Unkhair Ternate. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dengan jumlah 6 orang informan mahasiswa Universitas Khairun Ternate. Adapun yang menjadi fokus penelitian dengan mengambil pendapat Sjahrial-Pamunjuntak yaitu (1) peminjaman (2) pengembalian (3) perpanjangan (4) keanggotaan (5). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pelayanan sirkulasi di UPT Perpustakaan Unkhair Ternate sudah sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan pelayanan sirkulasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa, hal ini karena mahasiswa sangat terbantu dengan adanya layanan sirkulasi dalam membantu memberikan layanan kepada mahasiswaa, pelayanan sirkulasi mendapat persepsi yang baik dari segi prosedur pelayanan, keterampilan dan kehandalan petugas dalam memberikan layanan kepada mahasiswa, terdapat beberapa kendala namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk menggunakan layanan sirkulasi sebagai jasa layanan yang dibutuhkan oleh mahaiswaa dalam memperoleh kebutuhan akan informasi. Kesimpulan dalam penelitian ini, UPT Perpustakaan Unkhair Ternate sudah mendapat persepsi yang baik walaupun masih ada beberapa kendala yang terdapat dalam proses layanan sirkulasi, sehingga hal tersebut perlu adanya perhatian dari pihak perpustakaan untuk terus meningkatkan pelayanan sirkulasi yang lebih baik dan memperbaiki setiap kendala yang ada dilayanan sirkulasi.
Kata Kunci : Persepsi, Pelayanan, Sirkulasi