Upaya Pustakawan dalam meningkatkan Literasi Informasi Siswa/Siswi Sma Negeri 1 Manado
Abstract
ABSTRAK
Kurang memanfaatkan dan kurang menjadikan perpustakaan sebagai pusat informasi, siswa/siswi belum sepenuhnya memanfaatkan sumber informasi di perpustakaan sekolah, Hal ini disebabkan perkembangan Teknologi yang pesat mengakibatkan kurangnya minat dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah secara konvensional dan siswa/siswi lebih memanfaatkan informasi melalui media digital (E-book). Dan di sisi lain juga media digital (E-book) itu penting dalam mencari literasi informasi tetapi tidak semua buku-buku yang dicari itu memiliki E-book, kelemahan nya juga contohnya buku yang harus dibayar untuk bisa di buka maka dengan hal itu perspustakaan secara konvensional itu masih sangat dibutuhkan, mengapa karena tidak berbayar dan buku nya juga dapat digunakan kapan saja dan boleh pergi menikmati buku-buku yang diperlukan untuk menunjang pendidikan dari siswas/siswi dalam menjawab tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Maka diperlukan upaya dari pustakawan untuk bisa menarik perhatian agar mengggunakan perpustakaan secara konvensional bukan berdasarkan media digital (E-book). Hal ini yang mendorong peneliti ingin mengetahui, apa upaya pustakawan dalam meningkatkan literasi informasi siswa/siswi SMA Negeri 1 Manado. Menggunakan pendekatan kualitatif adalah Penggunaan deksriptif ini dilakukan dengan mencari data, wawancara lalu melakukan observasi atau pengamatan. Pada bagian ini penulis akan menyajikan data dari hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan pada fokus penelitian. Fokus penelitian ini mengacu pada teori Alfi Mufida Ahmad (2017) yang mengatakan bahwa upaya pustakawan untuk meningkatkan literasi informasi ada 8 (delapan) Pustakawan mampu membawa manfaat yang bermanfaat bagi siswa/ siswi dan kemampuan dalaam penguasaan literasi informasi bagi siswa/ siswi untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi sesuai keperluan secara benar dan mampu mengikuti perkembangan informasi.
Kata kunci: Upaya,Pustakawan, Literasi Informasi, Siswa/Siswi,