PERAN KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM MEMASARKAN HASIL PANEN PERTANIAN DARI PETANI DESA TOUURE KECAMATAN TOMPASO BARAT KABUPATEN MINAHASA
Abstract
Abstrak
Integrasi dari media sosial menjadi trand dalam berdagang (marketing) di era revolusi 4.0. Disadari bahwa peran dari media sosial cukup signifikan diperhitungkan dalam berdaya saing saat ini, apalagi dalam menjawab tantangan zaman, media sosial adalah cara yang ampuh dalam bersaing didunia marketing, seperti halnya juga dengan memasarkan hasil panen dari para petani yang ada di Desa Touure Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa. Platform facebook dijadikan wadah untuk menjual hasil pertanian, dikarenakan pasar online lebih menjamin dan proses transaksi dari hasil panen lebih cepat dirasakan oleh para petani, tapi dalam mengimplementasikan media sosial facebook dalam menjual hasil panen, terkadang hambatan yang muncul memberikan keresahan bagi petani, seperti ada yang telah sepakat dengan negosiasi awal tidak dibayarkan sesuai dengan hasil nego yang disepakati. Tujuan Penulisan dalam artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi media sosial facebook dalam memasarkan hasil panen pertanian dari petani Desa Touure kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan wawancara dan melalui studi literatur. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini didapatkan bahwa peran media sosial facebook dalam memasarkan hasil panen dari petani terlihat dari bertambahnya keuntungan yang diperoleh dari petani dalam hal meningkatkan efisiensi dan omset dari petani melalui pengurangan biaya transportasi dan waktu yang signifikan terhadap hasil pertanian dari petani yang ada.
Kata-kata Kunci: Peran Komunikasi, Media Sosial Facebook, Memasarkan, Pertanian